Cara Mudah untuk Membedakan HDD dengan SSD

Cara Mudah untuk Membedakan HDD dengan SSD - Hallo sahabat Informasi Funky, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mudah untuk Membedakan HDD dengan SSD, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Komputer, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Mudah untuk Membedakan HDD dengan SSD
link : Cara Mudah untuk Membedakan HDD dengan SSD

Baca juga


Cara Mudah untuk Membedakan HDD dengan SSD

hdd ssd

Kunci Tekno – Mungkin selama ini yang kita ketahui bahwa penyimpanan yang digunakan oleh komputer adalah Hard Disk Drive, Floppy Drive, Flashdisk Drive dan Disk CD/DVD. Akan tetapi, ada salah satu media penyimpanan yang tengah banyak dibicarakan, yakni SSD.

Sebenarnya, SSD dan HDD itu sama saja. Akan tetapi, data yang disimpan pada SSD tidak melalui magntik layaknya HDD, melainkan menyimpannya pada chip memory flash yang saling terhubung satu sama lain.

Untuk Flash memory SSD dengan Flashdisk sangatlah berbeda. Chip flash memory yang terdapa pada SSD memiliki kecepatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan Flashdisk. Meskipun kapasitasnya sama, namun harga SSD ini lebih mahal dibanding Flashdisk.

Bagaimana Cara Membedakan HDD dengan SSD?
Terdapa beberapa cara yang digunakan untuk membedakannya, diantaranya.

1. Dilihat dari Ukuran serta Beratnya
Seperti yang diketahui, bahwa material atau komponen-komponen yang terdapat pada HDD sangat berpengaruh akan besarnya ukuran, dimensi maupun berat dari HDD tersebut.

Hal ini terjadi dikarenakan HDD sangatlah bergantung dengan perputaran platter atau piringan yang ada di dalamnya sehingga HDD memiliki batasan dalam penentuan ukuran bentuknya.

Sedangkan untuk SSD bentuknya dapat dikecilkan atau diatur sebagus mungkin dengan mengikuti zaman. Untuk saat ini, SSD biasanya digunakan untuk sebuah Laptop dengan penyesuaian terlebih dahulu mengenai ukurannya agar dapat pas dengan ukuran laptopnya.

2. Berdasarkan Kecepatan Read/Write Data
Dalam masalah kecepatan, terdapat sebuah perbedaan yang sangat mencolok. Bahwasanya meskipun ukurannya kecil dan minimali, ternyata kecepatan SSD ini mampu mencapai 8 kali lebih cepat dari HDD.

Itulah cara membedakannya. Lalu, SSD ini memiliki beberapa keunggulan yang sangat mencolok, yakni.
a. SSD tidak memiliki suhu panas yang sangat tinggi.
b. Konsumsi daya listrik sangatlah kecil.
c. SSD ini tidak berisik karena tidak ada putaran motor dan piringannya.
d. Ukurannya kecil dan mudah untuk dibawa kemana pun.
e. Kecepatannya sangat tinggi dibandingkan dengan HDD.


Untuk harga, biasanya SSD ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan HDD. Kira-kira harga per-GB bisa mencapai 9 kali dari harga HDD.


Demikianlah Artikel Cara Mudah untuk Membedakan HDD dengan SSD

Sekianlah artikel Cara Mudah untuk Membedakan HDD dengan SSD kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mudah untuk Membedakan HDD dengan SSD dengan alamat link http://funkyewe.blogspot.com/2016/11/cara-mudah-untuk-membedakan-hdd-dengan.html
SHARE

About Saputra

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar