Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer yang Wajib Diketahui

Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer yang Wajib Diketahui - Hallo sahabat Informasi Funky, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer yang Wajib Diketahui, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Jaringan Komputer, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer yang Wajib Diketahui
link : Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer yang Wajib Diketahui

Baca juga


Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer yang Wajib Diketahui

topologi jaringan

Kunci Tekno – Masih banyak sekali yang belum mengetahui apa itu topologi jaringan. Padahal, sangat penting sekali bagi kita untuk mengetahuinya, terutama yang bergerak di bidang Komputer atau IT.

Baca:

Pengertian Topologi Jaringan Komputer


Topologi merupakan suatu konsep untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer sekaligus dalam suatu jaringan yang saling terkoneksi atau terhubung. Setiap topologi memiliki memiliki konsep, kecepatan transfer data, biaya yang berbeda. Juga, tiap topologi jaringan memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer


1. Topologi Ring


topologi ring

Topologi ring ini, memiliki konsep dimana tiap komputer yang dihubungkan dengan komputer lain berbentuk melingkar. Topologi ini berkomunikasi dengan menggunakan data token guna mengontrol hak akses komputer untuk menerima data.

Misalnya, komputer 1 hendak mengirim ke komputer 4. Berarti, nantinya file yang dikirim tersebut akan melewati komputer 2 dan 3, sehingga sampai pada komputer 4. Komputer lain tidak akan menerima file yang dikirim tersebut, karena file tersebut dikirim dengan terfokus pada IP Address tujuannya.

Kelebihan:
- Proses pemasangan dan instalasi sangat mudah
- Penggunaan kabel sedikit
- Hemat biaya

Kekurangan:
- Pengiriman akan terganggu jika salah satu komputer bermasalah

Baca:

2. Topologi Bus


topologi bus

Topologi Bus ini benar-benar tersusun sangat rapi. Disamping itu, topologi yang satu ini hanya menggunakan satu kabel coaxial dan setiap komputer pun terhubung ke kabel menggunakan sebuah konektor BNC. Kedua ujung dari kabel tersebut harus diakhiri oleh sebuah Terminator.

Kelebihan:
- Tidak ribet menyusun kabel
- Penggunaan kabel sedikit
- Hemat Biaya

Kekurangan:
- Sering terjadi antrian data
- Jarak jangkau sedikit
- Sulit mendeteksi gangguan

3. Topologi Star


topologi star

Topologi Star memiliki konsep seperti bintang, karena seluruh komputer dihubungkan pada HUB atau Switchdengan menggunakan kabel UTP, yang berarti pusatnya adalah HUB atau Switch dan bertugas sebagai pengontrol lalu lintas data.

Apabila komputer 1 hendak mengirim data ke komputer 4, otomatis data akan dikirim ke HUB atau Switchterlebih dahulu, setelah itu dikirim ke komputer tujuan tanpa melewati komputer lain.

Kelebihan:
- Mudah mendeteksi gangguan
- Mudah dalam penambahan atau pengurangan komputer
- Keamanan data terjamin

Kekurangan:
- Biaya cukup tinggi
- Kabel yang digunakan sangat banyak
- Kestabilan jaringan tergantung pada terminal pusat

4. Topologi Mesh


topologi mesh

Topologi Mesh ini memiliki konsep dimana tiap komputer akan terhubung dengan komputer lain dalam jaringan yang menggunakan kabel tunggal, sehingga proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa melewati HUB atau Switch.

Kelebihan:
- Proses pengiriman lebih cepat
- Jika salah satu komputer bermasalah, tidak akan mengganggu komputer lain

Kekurangan:
- Biaya sangat mahal
- Proses instalas cukup rumit

5. Topologi Tree


topologi tree

Topologi Tree merupakan gabungan dari Topologi Star yang dihubungkan dengan Topologi Bus. Artinya, setiap Topologi Star akan terhubung dengan Topologi Star lainnya menggunakan sebuah Topologi Bus.

Biasanya, topologi ini memiliki beberapa tingkatan jaringan, dan jaringan yang berada pada tingkat yang tinggi dapat mengontrol jaringan yang lebih rendah dari tingkat tersebut.

Kelebihan:
- Mudah menemukan suatu kesalahan
- Mudah merubah jaringan

Kekurangan:
- Membutuhkan banyak kabel
- Sering terjadi tabrakan data

Baca:


Sekarang, kamu sudah tahu macam-macam topologi jaringan komputer. Sangat diwajibkan untuk mengingatnya, agar tidak kesulitan saat hendak merancang bangun jaringan.


Demikianlah Artikel Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer yang Wajib Diketahui

Sekianlah artikel Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer yang Wajib Diketahui kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer yang Wajib Diketahui dengan alamat link http://funkyewe.blogspot.com/2017/03/macam-macam-topologi-jaringan-komputer.html
SHARE

About Saputra

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar