Jenis-Jenis Kabel pada Jaringan Komputer

Jenis-Jenis Kabel pada Jaringan Komputer - Hallo sahabat Informasi Funky, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Jenis-Jenis Kabel pada Jaringan Komputer, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Belajar IT, Artikel Jaringan Komputer, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Jenis-Jenis Kabel pada Jaringan Komputer
link : Jenis-Jenis Kabel pada Jaringan Komputer

Baca juga


Jenis-Jenis Kabel pada Jaringan Komputer

jenis-jenis kabel pada jaringan komputer

Kunci Tekno – Mungkin, dizaman sekarang, kalian telah akrab dengan jaringan komputer berbasis Wirelessatau tanpa kabel. Meskipun jaringan wirelessini terbilang sangat mudah dan tidak ribet, akan tetapi ternyata dalam hal kecepatan masih dibawah jaringan komputer berbasis kabel.

Pada pembahasan kali ini, saya akan mengenalkan tiga jenis kabeljaringan komputer yang wajib diketahui bagi kalian. Diantaranya ada kabel Coaxial, Twisted Pair (UTP, FTP maupun STP) dan satu lagi adalah Fiber Optic.

1. Kabel Coaxial


kabel coaxial

Kabel Coaxial merupakan salah satu jenis kabel yang terdapat pada jaringan komputer klasik. Hingga sekarang kabel ini sudah hampir tidak pernah digunakan lagi pada jaringan kabel untuk sebuah sistem jaringan komputer.

Pada kabel coaxial adalah sebuah kabel yang terdiri dari kawat tembaga dengan dilapisi isolator, konduktor dan tidak lupa pada bagian luarnya dilindungi oleh material berbahan PVC. Jika tidak tahu bentuknya, silahkan kalian lihat kabel antenna TV, itulah kabel coaxial.

Untuk penggunaan dalam jaringannya itu sendiri, kabel coaxial telah tergantikan oleh kabel Twisted Pair. Jika kalian penasaran, biasanya kabel coaxial ini digunakan pada jenis jaringan yang menggunakan topologi bus dan topologi ring.

Kabel coaxial ini memiliki satu kelemahan yang cukup berpengaruh sehingga membuat kabel coaxial sudah jarang digunakan pada zaman sekarang, yakni dikarenakan kualitas maupun jangkauan transmisi data yang sangat terbatas.

2. Twisted Pair (UTP, FTP dan STP)


Twisted Pair merupakan sebuah kabel yang memiliki bentuk fisik berupa kabel-kabel yang dipasang secara terlilit satu sama lain dengan membentuk sebuah spiral. Kabel jenis ini sekarang banyak sekali digunakan untuk membuatan sebuah jaringan LAN atau Local.

Perlu kalian ketahui, bahwasanya kabel twisted pair ini memiliki tiga jenis kabel lagi. Diantaranya:

a. Unshielded Twisted Pair (UTP)


kabel utp

Seperti namanya ‘Unshielded’yang berarti tidak dilindungi, kabel ini tidak memiliki perlindungan apapun di dalamnya. Maka dari itu, hal tersebut menjadi kelemahan kabel UTP.

Dengan tidak dilindunginya kabel tersebut akan rentan terhadap medan magnet maupun voltase yang tinggi. Biasanya, kabel UTP digunakan pada kabeljaringan telepon atau LAN.

b. Foiled Twisted Pair (FTP)


kabel ftp

Berbeda dengan UTP, FTP ini bisa dikatakan lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP. Kenapa? Karena lapisan kabelnya ini dilindungi oleh sebuah foil sehingga membuatnya memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap medan magnetik maupun noise.

c. Shielded Twisted Pair (STP)


kabel stp

Mungkin, STP ini hampir sama layaknya FTP. Tapi, yang membedakannya adalah bahan pelindung kabelnya itu sendiri, bahkan STP juga memiliki kemampuan yang lebih baik lagi dalam ketahanan terhadap medan magnetik maupun noise.

3. Fiber Optic


kabel fiber optic

Fiber Optic merupakan sebuah jenis kabel yang terdiri dari serat-serat fiber dengan ukuran yang sangat kecil dan tipis, namun jauh lebih fleksibel dibandingkan kabel twisted pair, bahkan lebih cepat pula.

Fiber Optic hanya digunakan untuk suatu keperluan khusus saja, misalkan pada jaringan backbone yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Akan tetapi, seiring berkembangnya zaman, fiber optic mulai digunakan untuk keperluan jaringan umum.


Sekarang, kalian telah mengetahui, jenis-jenis kabel pada jaringan komputer. Tunggu pembahasan mengenai Jaringan Komputer di artikel selanjutnya.


Demikianlah Artikel Jenis-Jenis Kabel pada Jaringan Komputer

Sekianlah artikel Jenis-Jenis Kabel pada Jaringan Komputer kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Jenis-Jenis Kabel pada Jaringan Komputer dengan alamat link http://funkyewe.blogspot.com/2017/01/jenis-jenis-kabel-pada-jaringan-komputer.html
SHARE

About Saputra

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar