Cara Membersihkan RAM PC

Cara Membersihkan RAM PC - Hallo sahabat Informasi Funky, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Membersihkan RAM PC, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tutorial, Artikel Tutorial Komputer, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Membersihkan RAM PC
link : Cara Membersihkan RAM PC

Baca juga


Cara Membersihkan RAM PC

RAM PC

Kunci Tekno – RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory, yang mana RAM ini sangat berguna sebagai sarana penyimpanan yang bersifat sementara. Sebagai contoh, kita tengah membuat sebuah laporan kerja pada Ms. Wordsatau Office. Namun secara tiba-tiba listrik di rumah kita padam seketika, sedangkan pekerjaan kita belum disimpan sama sekali.

Nah, pada saat itulah RAM memulai perannya, pekerjaan tersebut masih dapat kita lanjutkan saat PC kembali dihidupkan, karena proses dari Ms. Words atau Office tersebut tersimpan pada RAM.

Baca:

Agar RAM dapat bekerja seperti semestinya, maka kita diharuskan untuk membersihkannya secara rutin (tidak terlalu rutin). Perlu kalian ketahui, jika RAM yang digunakan menjadi kotor, maka masalah pun akan berdatangan pada komputer kalian. Maka dari itu, faktor satu ini sangatlah penting untuk dilakukan.

Permasalahan yang biasa terjadi ‘jika’ RAM kotor, seperti PC melakukan restart dengan sendirinya, Hang, tidak dapat menyala dan banyak lagi. Debu yang menempel pada pin-pin RAM membuat koneksi antara slot pada motherboard dengan RAM menjadi tidak sempurna.

Bagi masyakat yang masih awam mungkin akan berpikir, bahwa membersihkan RAM merupakan kegiatan yang cukup sulit. Perasaan seperti itu muncul karena masyarakat masih belum berani mengambil langkah lebih lanjut, karena RAM yang digunakan takut rusak.

Namun faktanya, untuk membersihkan RAM pada PC sangatlah mudah. Bahkan, bagi masyarakat yang tidak menekuni bidang komputer pun dapat melakukannya.

Baca:

Cara Membersihkan Kepingan RAM Komputer


Apabila sebuah RAM tidak dibersihkan, sudah dapat dipastikan pada pin-pin yang berwarna kuning keemasan tersebut akan terlihat seperti berkarat dari biasanya, padahal kenyataannya tidak berkarat sama sekali. Untuk membersihkannya, kalian hanya perlu menyiapkan sebuah ‘Penghapus Karet’ yang biasa kalian gunakan untuk menghapus coretan pensil.

Mungkin kalian pikir bahwa ini hanya guyonan semata, tapi percayalah bahwa penghapus karet merupakan salah satu medianya. Penghapus karet ini sangat efektif dibandingkan dengan semprotan pembersih atau dikenal dengan contact cleaner.

Langkah-langkah:

a. Lepaskan RAM yang terpasang pada motherboard
b. Siapkan penghapus karet. Disarankan untuk penghapus yang belum pernah dipakai, untuk menghindari serbuk pensil yang menempel pada penghapus karet tersebut
c. Silahkan kalian bersihkan pin-pin yang ada pada RAM dengan menggunakan penghapus karet tersebut. Gosoklah secara perlahan hingga warnanya kembali seperti semula
d. RAM pun selesai dibersihkan. Sekarang, pasang kembali RAM tersebut pada motherboard

Baca:


Bagaimana, mudah sekali bukan? Bahkan jika dilihat-lihat, anak kecil pun dapat melakukannya. Semoga, artikel ini dapat membantu memecahkan permasalaha kalian perihal komputer.


Demikianlah Artikel Cara Membersihkan RAM PC

Sekianlah artikel Cara Membersihkan RAM PC kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Membersihkan RAM PC dengan alamat link http://funkyewe.blogspot.com/2017/03/cara-membersihkan-ram-pc.html
SHARE

About Saputra

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar