3 Cara Mudah untuk Memperbaiki Layar Monitor Laptop

3 Cara Mudah untuk Memperbaiki Layar Monitor Laptop - Hallo sahabat Informasi Funky, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 3 Cara Mudah untuk Memperbaiki Layar Monitor Laptop, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tutorial, Artikel Tutorial Komputer, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 3 Cara Mudah untuk Memperbaiki Layar Monitor Laptop
link : 3 Cara Mudah untuk Memperbaiki Layar Monitor Laptop

Baca juga


3 Cara Mudah untuk Memperbaiki Layar Monitor Laptop

Monitor Bergaris

Kunci Tekno – Penggunaan komputer di zaman sekarang sudah tidak asing lagi ketika digunakan sehari-hari. Begitu pula dengan laptop. Meskipun smartphone sekarang mampu melengkapi kebutuhan dalam melakukan suatu hal, tetap saja komputer/laptopmasih banyak diminati oleh banyak orang.

Baca:

Laptop merupakan sebuah mesin yang sangat membutuhkan perawatan ekstra agar tetap berfungsi dengan baik. Meskipun demikian, ternyata laptop bisa juga mengalami kerusakan yang mana akan sangat mengganggu produktivitas kita.

Salah satu kerusakan yang kerap dialami pengguna laptop adalah masalah pada monitornya, seperti muncul garis-garis sampai dengan monitor tidak hidup sama sekali.

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan cara untuk memperbaiki layar laptop yang bergaris-garis. Garis lurus yang biasa terjadi ini memanjang secara vertical, dengan disertai warna hitam atau putih halus. Gangguan tersebut disebabkan karena kerusakan pada bagian panel screenLCD.

Namun, ada juga yang berupa garis gelombang memanjang secara horizontal dan bergerak naik – turun. Gangguan tersebut disebabkan karena permasalahan pada kabel panel LCD, VGA atau hardware lainnya.

Berikut ini merupakan cara untuk mengatasi garis-garis menyebalkan pada laptop:

1. Memeriksa Kabel Fleksibel yang Terhubung pada Layar

Kabel fleksibel yang dimaksud adalah kabel yang menghubungkan antara layar dengan mainboard. Terkadang kabel tersebut kendor atau mengalami kerusakan. Periksalah kabel terebut dan pastikan sudah terpasang dengan baik. Cobalah hubungkan laptop ke layar monitor external. Apabila garis tersebut masih muncul, berarti masalanya pada komponen lain.

2. Memeriksa VGA atau RAM

Periksalah RAM yang kalian gunakan, bersihkan pin-pinnya dengan menggunakan penghapus karet. Lalu, pasangkan kembali dengan baik. Apabila kalian memiliki dua slot RAM, coba pindahkan. Jika masih bergaris, coba ganti dengan RAM lain.

Baca:

Apabila cara di atas tidak efektif. Cobalah untuk memeriksa VGA yang digunakan, bersihkan pin-pinnya dan lakukan hal yang sama seperti cara di atas. Bagi kalian, selaku pengguna VGA On-Board, cara satu ini tidak dapat dilakukan.

3. Lakukan Update pada Driver VGA

Hal ini mungkin sepele, namun ternyata dapat berpengaruh terhadap monitor yang dipakai. Driver yang telah lama tidak diperbaharui, terkadang dapat menimbulkan garis-garis pada monitor.

Hal tersebut terjadi karena tidak cocoknya driver VGA lama dengan program terbaru pada laptop. Untuk mengatasinya, kalian cukup memperbaharui (update) driver pada VGA laptop kalian yang biasanya telah disediakan pada situs resmi vendor VGA yang dipakai.


Silahkan kalian coba, semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam mengatasi permasalahan yang muncul pada layar monitor pada laptop yang dipakai.


Demikianlah Artikel 3 Cara Mudah untuk Memperbaiki Layar Monitor Laptop

Sekianlah artikel 3 Cara Mudah untuk Memperbaiki Layar Monitor Laptop kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 3 Cara Mudah untuk Memperbaiki Layar Monitor Laptop dengan alamat link http://funkyewe.blogspot.com/2017/03/3-cara-mudah-untuk-memperbaiki-layar.html
SHARE

About Saputra

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar