Penyebab Layar LCD Pecah dan Cara Memperbaikinya

Penyebab Layar LCD Pecah dan Cara Memperbaikinya - Hallo sahabat Informasi Funky, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Penyebab Layar LCD Pecah dan Cara Memperbaikinya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Komputer, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Penyebab Layar LCD Pecah dan Cara Memperbaikinya
link : Penyebab Layar LCD Pecah dan Cara Memperbaikinya

Baca juga


Penyebab Layar LCD Pecah dan Cara Memperbaikinya


Kunci Tekno – LCD atau Liquid Crystal Display, merupakan suatu perangkat penampil display dengan komponen utama berupa kristal cair yang mana sangat populer digunakan sebagai layar pada berbagai perangkat terutama perangkat mobile, seperti laptop/notebook, smartphone, personal computer dan lain-lain.

Baca:

Pada sebuah laptop, layar LCD sangatlah penting, oleh karena itu kerusakan sedikit saja pada layar LC, maka akan sangat mengganggu aktivitas penggunaan laptop, terutama untuk kebutuhan video editing dan sebagainya. Apalagi, jika LCD laptop pecah, maka kerusakan tersebut akan semakin melebar memenuhi layar.

Penyebab LCD Pecah


Layar LCD yang pecah dapat disebabkan oleh beberapa alasan dan umunya karena kesalahan atau kecerobohan si pengguna, diantaranya:

1. Laptop Terjatuh

Pada saat Laptop terjatuh, banyak sekali komponen yang mengalami kerusakan parah, termasuk HDD dan LCD, benturan keras yang diterima oleh layar LC saat terjatuh biasanya menyebabkan layar LCD pecah secara keseluruhan atau hanya sebagian.

2. Terbentur oleh Objek Tumpul

Pada saat Laptop dalam keadaan terbuka, layar LCD terkena benturan oleh objek tumpul yang menyebabkan bagian dalam layar LCD pecah (benda tajam akan langsung merobek layarnya). Mungkin, bisa terlempar sesuatu dengan keras atau benda di atas laptop terjatuh tepat ke layar LCD, sehingga menyebabkan kerusakan.

Cara Memperbaiki LCD Pecah


Mungkin kalian bertanya-tanya, dapatkah layar LCD diperbaiki? Jawabannya adalah tidak. Mengapa? Berikut ulasannya.

Layar LCD ini terdiri dari beberapa lapisan, dan yang kerap mengalami kerusakan (pecah) adalah bagian LCD Matrix, terletak di tengah sebelum Back Lightdan seluruh Fitur Optik Tambahan.

LCD Matrix ini terdiri dari beberapa lapisan, diantaranya pada bagian paling depan adalah lapisan plastik terpolarisasi, lapisan kaca bagian depan, lapisan filter warna RGB (Red-Green-Blue), lapisan kristal cair, lapisan  kaca bagian belakang dan lapisan plastik terpolarisasi bagian belakang.

Untuk memperbaiki LCD pecah adalah dengan cara mengganti lapisan kristal cair yang ada pada bagian matrix, hal tersebut sangatlah mustahil dilakukan kecuali dengan semua perlengkapan yang mendukung.

Maka dari itu, untuk memperbaiki layar LCD pecah, langkah terakhir adalah dengan mengganti keseluruhan LCD dengan yang baru, pastikan pula ukuran layar LC dan posisi serta jenis video connector pada layar LCD pengganti sesuai dengan video connector pada kabel laptop.

Baca:

Biaya Perbaikan Mengganti LCD


Harga dari layar LCD laptop sangat bervariasi, tergantung kondisi baru atau bekas, ukuran, jenis dan lain-lain. Sebagai gambaran, layar berukuran 10 inch seharga Rp. 200.000 – Rp. 250.000 (bekas), sedangkan yang baru mencapai Rp. 300.000 – Rp. 500.000.


Apabila layar LCD kalian pecah, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu apakah akan menggantinya atau tidak. Pasalnya, membeli LCD dari teknisi komputer biasanya layar tersebut hasil ‘kanibal’ atau ‘cabutan’ dari laptop serupa yang telah rusak namun layarnya masih bagus. Jadi, apa kalian akan menggantinya atau tidak?


Demikianlah Artikel Penyebab Layar LCD Pecah dan Cara Memperbaikinya

Sekianlah artikel Penyebab Layar LCD Pecah dan Cara Memperbaikinya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Penyebab Layar LCD Pecah dan Cara Memperbaikinya dengan alamat link http://funkyewe.blogspot.com/2017/03/penyebab-layar-lcd-pecah-dan-cara.html
SHARE

About Saputra

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar