2 Metode Jitu untuk Optimasi RAM

2 Metode Jitu untuk Optimasi RAM - Hallo sahabat Informasi Funky, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 2 Metode Jitu untuk Optimasi RAM, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tutorial, Artikel Tutorial Komputer, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 2 Metode Jitu untuk Optimasi RAM
link : 2 Metode Jitu untuk Optimasi RAM

Baca juga


2 Metode Jitu untuk Optimasi RAM

2 metode optimasi ram

Kunci Tekno – Terkadang komputerkita selalu lambat karena suatu hal, bisa itu karena game, membuka aplikasisecara berlebihan, spesifikasi komputer tidak mendukung terhadap aplikasinya dan lain-lain. Hal tersebut sangatlah menjengkelkan, bukan?

Komputer lambat, terjadi karena RAM berproses secara berlebihan. Sehingga, kinerja pada komputer menjadi lebih lambat dari biasanya, bahkan bisa juga menyebabkan overheat.

RAM atau Random Access Memory, merupakan suatu tempat penyimpanan data yang bersifat sementara. RAM ini digunakan untuk menyimpan seluruh data program aplikasi yang tengah berjalan. Sehingga, jika komputer mendadak mati dan ternyata file tersebut belum disave, maka data file tersebut tidak akan langsung hilang. Itulah fungsi RAM.

Agar kinerja komputer tidak lambat, kalian dapat melakukan 2 metode untuk optimasi pekerjaan yang dilakukan oleh RAM. Metode tersebut dapat melalui task manager atau menggunakan software khusus. Metode yang dapat kalian lakukan diantaranya.

1. Melalui Task Manager


Sebelum kalian menggunakan komputer, pastikan kalian untuk melakukan beberapa perubahan pada tab startup di task manager.

Tab startup ini berfungsi untuk menentukan ada saat pertama kali komputer dinyalakan apakah suatu software akan langsung melakukan running atau tidak. Jika langsung running, kemungkinan akan memperlambat kinerja komputernya, cobalah untuk mengaktifkan beberapa software tertentu saja jangan sampai semua software diaktifkan.

Langkah-Langkah optimasi RAM dengan Task Manager.
a. Silahkan buka task manager kalian. Untuk shortcut, cobalah menekan Ctrl+Esc agar langsung membuka task manager.

optimasi ram lewat task manager

b. Selanjutnya, klik tab startup.

optimasi ram lewat task manager

c. Setelah kalian masuk ke tab tersebut, akan terlihat pada statusnya aplikasi apa saja yang akan langsung running ketika pertama kali komputer dihidupkan. Cobalah untuk disable beberapa aplikasi yang menurut kalian tidak penting.

optimasi ram lewat task manager

d. Di sebelah startup, kalian akan melihat startup impact. Maksudnya, itu merupakan seberapa besar dampak aplikasi tersebut terhadap kinerja RAM. Maka dari itu, cobalah untuk non-aktifkan beberapa aplikasi tidak penting dengan startup impact high. Ingat, tidak semua aplikasi dengan status impact high harus dimatikan, pintar-pintarlah memilih!

optimasi ram lewat task manager

2. Menggunakan Software CCleaner


Setelah saya perhatikan, CCleaner tidak hanya membersihkan sampah-sampah yang ada pada komputer saja, karena ternyata CCleaner juga dapat digunakan untuk optimasi RAM.

Untuk optimasinya, hampir sama dengan menggunakan Task Manager, yakni merubah settingan pada startup, akan tetapi dengan menggunakan CCleaner, kalian tidak hanya mampu melakukan disable saja, melainkan dapat menghapusnya secara langsung.

Langkah-langkah yang harus dilakukan.
a. Bukalah CCleaner yang kalian punya, jika belum bisa kalian download terlebih dahulu.

optimasi ram lewat ccleaner

b. Lalu klik Tools.

optimasi ram lewat ccleaner

c. Setelah itu, kalian klik startup. Pada startup cara menggunakannya hampir sama seperti pada task manager, hanya saja pada CCleaner kalian dapat menghapusnya.

optimasi ram lewat ccleaner

d. Selain melihat software yang berjalan di komputer kita, CCleaner juga dapat melihat beberapa program yang sudah dijadwalkan. Cobalah buka tab Scheduled Tasks.

optimasi ram lewat ccleaner

e. Pada Tab tersebut, kalian akan menemukan beberapa program aktif yang tidak dapat ditemukan pada task manager. Biasanya berbentuk update program yang kalian punya. Cobalah disable beberapa agar kinerja semakin lancar.

optimasi ram lewat ccleaner

f. Dengan CCleaner, kalian juga dapat mengoptimasikan kinerja browser agar lebih cepat. Untuk melakukannya, klik Browser Plugins. Di sana kalian dapat melihat program apa saja yang berjalan, sehingga membuat RAM serta browser kalian menjadi sangatlah lambat.

optimasi ram lewat ccleaner

g. Terakhir, lakukan scan dengan menggunakan CCleaner, agar lebih lancar.

optimasi ram lewat ccleaner


Metode di atas telah diuji dan sering dilakukan oleh saya sendiri. Jangan ragu untuk melakukannya, karena metode ini sangat direkomendasikan sekali bagi kalian yang mengalami kinerja komputer melambat.


Demikianlah Artikel 2 Metode Jitu untuk Optimasi RAM

Sekianlah artikel 2 Metode Jitu untuk Optimasi RAM kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 2 Metode Jitu untuk Optimasi RAM dengan alamat link http://funkyewe.blogspot.com/2016/11/2-metode-jitu-untuk-optimasi-ram.html
SHARE

About Saputra

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar