Pengertian dan Jenis-Jenis GPU pada Smartphone

Pengertian dan Jenis-Jenis GPU pada Smartphone - Hallo sahabat Informasi Funky, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian dan Jenis-Jenis GPU pada Smartphone, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Android, Artikel Komputer, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian dan Jenis-Jenis GPU pada Smartphone
link : Pengertian dan Jenis-Jenis GPU pada Smartphone

Baca juga


Pengertian dan Jenis-Jenis GPU pada Smartphone

gpu

Kunci Tekno – Mungkin istilah dari GPU, sudah tidak asing lagi di telinga kalian. GPU ini merupakan singkatan dari Graphics Processing Unit. Pasti jika kalian mendengar GPU seketika akan ingat pada smartphone Android, karena memang GPU ini kebanyakan diperuntukan bagi pengguna Android.

Meskipun tidak sedikit juga pengguna smartphone yang sudah mengetahui “Apa itu GPU?” Tetapi, tetap saja ada beberapa orang yang belum mengetahui sama sekali yang dimaksud dengan GPU, bahkan bisa saja yang sudah tahu pun belum mengetahui jenis-jenis dari GPU ini.

Pengertian dari GPU (Graphics Processing Unit)

Graphics Processing Unit merupakan sebuah chip tambahan dari CPU yang berguna untuk mengolah grafis visual sebuah perangkat. Sedangkan GPU ini pertama kali dibuat oleh NVIDIA pada tahun 1999 dengan melalui perilisan GPU pertama di dunia bertipe GeForce 256.

Dari masing-masing GPU ini memiliki fungsi yang berbeda-beda dengan CPU, jika CPU hanya memiliki beberapa core, sedangkan GPU memiliki ribuan core. Jadi, GPU ini sangatlah penting bagi kinerja smartphone, terutama pada saat digunakan untuk bermain game dengan grafis HD atau 3D.

Perlu diketahui, bahwasanya semakin bagus GPU pada smartphone tersebut, maka akan semakin tinggi pula harga yang dibanderol smartphone tersebut.

Jenis-Jenis GPU (Graphics Processing Unit)

1. PowerVR

gpu

PowerVR ini sudah cukup lama berkecamuk di dunia GPU. PowerVR merupakan GPU yang dibuat oleh Video Logic. Jenis GPU yang satu ini tidak diproduksi dalam bentuk fisik, melainkan dalam bentuk draft arsitektur yang nantinya akan lisensinya akan dijual kepada produsen processor seperti Intel, NEC dan lain-lain.

Saat ini PowerVR lebih fokus pada bidang mobile processing, yang mana hingga saat ini dapat kalian lihat bahwa PowerVR dapat kalian temukan pada produk Apple. Contohnya iPhone 5S yang menggunakan PowerVR G6430.

2. Adreno

gpu

GPU Adreno ini merupakan buatan ATI yang dulu disebut dengan seri ATI Imageon. Perlu kalian ketahui, bahwasanya ATI merupakan anak dari perusahaan AMD. Pada tahun 2008 AMD Imageon dijual kepada salah satu produsen processor bernama Qualcomm.

Setelah Qualcomm membelinya, mereka pun mulai merubah nama yang digunakan menjadi Adreno, yang mana masih termasuk anagram dari Radeo (Produk dari ATI).

3. Mali

gpu

GPU Mali merupakan arsitektur buatan dari ARM. Mungkin ARM terdengar asing di mata kalian, tapi kebanyakan smartphone saat ini menggunakan seri ARM. Seluruh seri GPU Mali ini banyak dipakai beberapa perangkat, seperti dari HDTV, Console Games dan Smartphone.

Hingga pada tahun 2005, ARM mulai digunakan pada seluruh smartphone di dunia, kira-kira hingga 95%.

4. Tegra

gpu

GPU Tegra ini merupakan salah satu yang paling terkenal dan ‘katanya’ tercepat di dunia dibandingkan dengan GPU lainnya. Tegra pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008, dan pada tahun 2010 Tegra 2 diumumkan akan digunakan pada banyak tablet.

Pada tahun 2011 muncul Tegra 33 yang diumumkan akan mengalami peningkatan yang sangat pesat. Dan begitulah seterusnya, yang mana Tegra ini benar-benar mengalami peningkatan pesat dari tahun ke-tahunnya.

5. VideoCore Broadcome

gpu

GPU VideoCore Broadcome merupakan jenis GPU yang membutuhkan konsumsi daya sangat rendah. GPU ini merupakan rilisan dari produsen Broadcome. Pada saat ini, GPU VideoCore Broadcome dikembangkan oleh Alphamosaic Ltd. GPU ini menggunakan arsitektur DSP Dual Dimensi yang membuatnya lebih fleksibel lagi.


Sekarang, kalian sudah tahu pengertian maupun jenis-jenisnya. Jangan lupa bagikan pada teman-teman kalian agar ilmu mereka lebih luas lagi. 


Demikianlah Artikel Pengertian dan Jenis-Jenis GPU pada Smartphone

Sekianlah artikel Pengertian dan Jenis-Jenis GPU pada Smartphone kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian dan Jenis-Jenis GPU pada Smartphone dengan alamat link http://funkyewe.blogspot.com/2016/12/pengertian-dan-jenis-jenis-gpu-pada.html
SHARE

About Saputra

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar